Setiap penghuni rumah dimanapun tempat tinggalnya pasti mendambakan hunian yang nyaman. Untuk membuat hunian yang nyaman salah satu langkahnya adalah dengan menciptakan lanskap di rumah. Jika Anda adalah kaum Urban, seringkali tujuan menciptakan lanskap tersebut akan terkendala dengan luas lahan yang Anda miliki. Hunian di kota cenderung minimalis, hingga seringkali membuat Anda enggan untuk mewujudkan lanskap sendiri di rumah. Namun jangan khawatir, artikel kali ini akan membantu Anda memberikan solusi bagaimana membuat lanskap untuk lahan sempit.

Untuk membuat lanskap taman dengan lahan yang sempit Anda harus memperhatikan banyak hal, seperti penataan ruang, pembagian zona tanaman, dan bagaimana aliran akses untuk mobilisasi. Memang akan membutuhkan kreativitas berfikir yang tinggi untuk mewujudkan tata lanskap untuk lahan sempit tersebut. Misalnya, konsep kombinasi tanaman hijau dan bahan material berupa batu kali yang ditata senatural mungkin bisa Anda coba untuk membuat lanskap taman Anda terasa alami. Tidak perlu luas, cukup dengan ukuran 2×2 meter, Anda sudah bisa menikmati taman dengan kesan alami. Jika taman Anda berukuran lebih luas, Anda bisa membuat konsep taman dengan lantai batu lebar yang ditata secara acak. Dengan sedikit rumput yang tumbuh di sela-sela lantai batu taman Anda, kesan alami dengan gaya solid akan Anda dapatkan. Rumah akan terasa nyaman, dan tamu yang berkunjung pun akan betah jika bertamu ke rumah Anda. Bisa juga Anda tambahkan pot-pot dengan bunga yang rimbun untuk menarik perhatian orang-orang yang lalu lalang di depan rumah Anda.

Untuk menambah kesejukan, Anda bisa menambahkan pepohonan kecil dengan ketinggian maksimal setinggi mata memandang. Selain akan menambah kesejukan, pohon-pohon kecil cocok untuk membuat lahan yang sempit jadi terasa luas karena efek dimensional dari adanya pohon-pohon kecil tersebut. Kemudian jika Anda ingin memberikan batasan-batasan, Anda bisa menambahkan Edging. Caranya adalah dengan menambahkan batasan dengan menggunakan batu alam, batu paving, atau batu bata. Pemberian edging selain dari segi fungsional akan membantu memberikan batasan tanaman, konsep Edging juga akan membuat desain lanskap untuk lahan sempit milik Anda menjadi lebih hidup dan lebih rapi.

Nah, jika Anda lebih suka gaya oriental untuk mini lanskap yang akan Anda buat, Anda bisa menambahkan dekorasi tanaman khas Asia yakni tanaman bambu, beberapa batu alam, dan furnitur dengan konsep rendah. Bagaimana? Bukankah sebenarnya banyak sekali konsep lanskap untuk lahan sempit yang bisa Anda terapkan? Jika Anda masih kesulitan untuk mencari bibit tanaman, bebatuan, ataupun Anda butuh bantuan jasa penataan Lanskap, Carolina’sGarden.co.id akan memberikan solusi untuk Anda. Perusahaan Lanskap asal Bali ini akan mengubah lahan sempit Anda menjadi taman yang melampaui ekspektasi Anda. Jadi bagaimana? Sudah siap membangun lanskap untuk hunian rumah Anda?